Sabtu, 19 Mei 2012

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

0 komentar
Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu untuk mempercantik tampilan ruang tamu kita sehingga akan membuat tamu kita nyaman dan santai. Untuk mencapai tujuan itu, diperlukan lebih dari sekedar dekorasi. Langkah awal yang harus kita lakukan adalah membuat rencana desain. Pertimbangkanlah tujuan utama dari sebuah ruang tamu apakah benar – benar berfungsi tunggal atau juga berfungsi sebagai ruang keluarga. Apakah akan digunakan juga untuk aktivitas membaca atau bermain game atau menonton televisi? Setelah itu kemudian sebaiknya Anda juga memikirkan tentang pilihan furniture sesuai aktivitas dan fungsi dari ruangan tersebut. Jika Anda ingin meletakkan sebuah meja, modelnya seperti apa, besar atau kecil ukurannya? Apakah Anda juga akan meletakkan  lemari untuk televisi, buku, aksesori? Jenis sofa apa yang cocok dan terasa nyaman dengan ruangan tersebut.
Selain membuat rencana yang mendetil, Anda juga sebaiknya mulai mempersiapkan mencari referensi ide desain yang sesuai. Lihatlah foto – foto pada majalah interior, sampai perhatikan juga pilihan warna, elemen dekorasi seperti kain, benda – benda seni. Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mencari inspirasi adalah bisa dengan mudah mengetahui apa yang sedang menjadi tren gaya dari desainer interior saat ini, namun jangan lupa bahwa desain yang terbaik itu adalah sesuatu yang benar – benar sesuatu dengan karakter pribadi Anda. Intinya adalah jangan hanya bercita – cita untuk memiliki ruangan yang dirancang dengan baik, tapi ruangan tersebut juga harus menyenangkan dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga.
Menurut rata – rata pendapat desainer interior, warna terbaik untuk ruang tamu adalah warna terang dan netral. Setelah dinding dan lantai berwarna netral, akan lebih memudahkan kita untuk memadukan furniture, gorden, aksesori, lampu dan sebagainya dengan warna yang lebih bervariasi serta bertekstur. Cat langit – langit dengan warna yang lebih ringan dari warna dinding untuk menimbulkan perasaan keluasan. 
Pertimbangkan ukuran dan jenis ruangan serta tampilan yang Anda inginkan ketika membeli furniture. Jika Anda memiliki ruangan berukuran kecil, jangan meletakkan terlalu banyak perabotan. Namun jika Anda memiliki ruangan berukuran besar, Anda dapat membaginya menjadi dua atau tiga area tempat duduk. Jangan letakkan sofa atau kursi dengan jarak terlalu jauh sehingga Anda tidak harus berteriak ketika hendak melakukan percakapan. Letak penempatan furniture jangan sampai menghalangi akses jalan melalui pintu maupun jendela.
Anda juga dapat mengatur letak perabotan dalam ruangan menjadi satu atau lebih titik fokus,  tergantung pada ukuran ruangan. Jika ruangan kecil, satu titik fokus utama saja sudah cukup, bisa berwujud sebuah lukisan favorit, mural pada dinding atau koleksi benda seni lainnya. Menempatkan cermin juga dapat membuat tampilan ruang tamu lebih cantik.
Sumber: iderumah.com

0 komentar:

Posting Komentar